Mengatasi Kejenuhan dari Aktifitas sebagai Mahasiswa

Bicara mengenai aktifitas sebagai mahasiswa, tentu tidak asing lagi dengan beragam aktifitas mulai dari kegiatan perkuliahan, praktek, hingga mengikuti kegiatan intra maupun ektra kampus. Dalam menjalani aktifitas itu semua, tentunya kita pasti mengalami satu titik waktu dimana kita akan mengalami suatu kebuntuan. Buntu ide yang menghambat kreatifitas dalam aktifitas, berada dalam satu keadaan yang kurang mengenakan, membuat suntuk dan yang pasti energi yang ada pada diri kita sedang berada pada kondisi yang negatif. Intinya adalah kejenuhan!

Ada beberapa faktor penyebab kejenuhan itu sendiri diataranya:

1. Karakteristik individu

Karakteristik idndividu dapat berupa keinginan untuk sempurna, penghargaan diri yang rendah, ketidakmampuan mengendalikan emosi dan motif berprestasi yang rendah.

2. Faktor lingkungan belajar

Faktor lingkungan belajar ini berupa iklim kelas yang negatif, kurang penghargaan dalam belajar, beban tugas belajar yang berat, konflik diri dengan individu dalam lingkungan belajar dan suasana belajar yang statis.

3. Keterlibatan emosional dengan belajar

Keterlibatan emosional dengan belajar disini berupa terjadinya konfik peran, kurangnya dukungan belajar, hingga perbedan nilai pribadi.

Lalu, Bagaimana solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kejenuhan?

Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kejenuhan belajar, diantarnya:

1. Berhenti Sejenak dari Aktifitas rutin Kawan.

Perlu disadari bahwa kita ini manusia bukan robot. Jadi sangatlah wajar dan manusiawi apabila kita mengalami kejenuhan karena melakukan kegiatan rutin itu-itu saja. Ketika kejenuhan melanda kita, cobalah untuk berhenti sejenak dari kegiatan rutin kita selama beberapa saat. Keep Calm, tenangkan diri beberapa saat. Ambil waktu tenang,  rileks! kita butuh bernafas juga bukan? menjauhlah dari keramaian tempat anda melakukan kegiatan rutin.

2. Sayangi dan manjakan diri anda sejenak.

Mobil saja perlu di service, begitu pula dengan anda manusia. Saat untuk mengisi energi kembali agar kita merasa lebih segar dalam beraktifitas, manjakan diri anda sejenak dengan berbagai aktifitas yang anda sukai dan menyenangkan yang selama ini jarang bahkan tidak pernah kita lakukan karena terjebak rutinitas harian tersebut.

kalau misalkan selama ini terjebak dalam aktifitas kita sebagai mahasiswa, cobalah untuk meluangkan waktu disuatu tempat yang teduh dan menyenangkan. kemudian luangkan waktu juga untuk membaca novel atau komik yang kita suka.

Kalau misalnya kita sebagai mahasiswa merasa jenuh dengan tontonan layar presentasi, cobalah luangkan waktu sejenak untuk menonton film terbaru dibioskop misalnya, klo tidak punya duit untuk nonton bioskop nonton dvd dirumah misalnya, beli saja kaset ditempat dvd eceran.

intinya lakukanlah hal-hal yang kita sukai dan positif tentunya. biasanya dengan  melakukan kegiatan-kegiatan yang kita sukai dan ketika kita melakukannya sama sekali tidak memiliki beban dapat membuat diri kita lebih rileks.

3. Lanjutkan perjalanan atau Berhenti sama sekali!

Setelah kita beristirahat sejenak dan mengisi energi kembali dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang kita sukai, biasanya kita akan merasa segar seperti mendapat semangat dan inspirasi baru yang dapat memotivasi dalam melakukan kegiatan rutinitas kita sebagai mahasiswa dan kegiatan organisasi kampus dengan sudut pandang baru.  Jadilah diri anda mahasiswa yang kreatif, lakukan segala sesuatu dengan bahagia dan jangan pernah ragu dalam melakukan hal-hal yang baru. Pasti Bisa!

Namun dengan istirahat sejenak kita tetap merasa jenuh berkepanjangan, berarti ada masalah dengan diri kita. Pertama, malas mungkin penyebab utamanya. Yang kedua, kemungkinan besar kita sama sekali tidak menyenangi rutinitas yang kita lakukan. Bisa jadi itu karena salah pilih jurusan!

Cobalah untuk menyenangi apa yang kita lakukan jalani. Tapi apabila kita masih merasa jenuh, itu berarti bukan jalan kita. Berhenti adalah solusi yang terbaik yang dapat kita lakukan agar kita bisa temukan jalan baru yang dapat membuat kita senang dan nyaman dalam menjalaninya. Semangat… Hidup Mahasiswa!

About pmancoffeemix

seorang anak remaja,, tidak miskin, kurang kaya,, tetapi sederhana...

Posted on Mei 21, 2011, in Artikel. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: