Sense of belonging,, apakah itu sudah ada pada diri kita??

 

Logo BEMJ Adpend

Sedikit berbicara mengenai masalah organisasi mahasiswa, Pada dasarnya kehidupan berorganisasi pada dunia mahasiswa sangat diperlukan. Disamping sebagai bekal kita di dunia kerja nanti bahwa bukan hanya skill teknis saja yang dibutuhkan tetapi juga skill dalam bekerja dalam tim dan bagaimana mengelola tim itu agar mencapai suatu tujuan. Yang perlu kita ketahui dan akui disini, kadang kita sebagai mahasiswa merasa kurang sadar akan pentingnya organisasi dan lebih jauhnya lagi  kalau kita punya pikiran buat apa kita bekerja dalam organisasi non profit, toh kita tidak dibayar ketika kita sedang bekerja… kita tidak tahu kita bekerja dalam organisasi untuk apa?? untuk siapa?? dan kita disana tidak dapat imbalan apa-apa!!!

Melihat kondisi diatas, coba kita renungkan bersama apakah permasalahan diatas yang membuat kita kurang sadar dan peduli dengan organisasi mahasiswa kita?? Tersirat dalam benak saya akan kata-kata “Sense of belonging atau dalam artinya rasa memiliki pun muncul!!!

Ternyata  untuk menumbuhkan rasa sense of belonging pada diri kita, sebelum masuk suatu organisasi, kita harus tahu tujuan dan maksud dari organisasi yang kita akan masuki, apabila kita sudah tahu, hal yang paling penting adalah niat ikhlas dari kita untuk bergabung dalam organisasi tersebut dan menjalankan amanat yang kita emban. Ketika sense of belonging sudah kita dapatkan dalam diri kita dalam organisasi yang kita masuki, maka sikap profesional akan tumbuh dalam melaksanakan dan mengemban amanat tugas yang kita jalankan. Rasa profesional mutlak perlu untuk kita tunjukkan karena hal itu akan mencerminkan keseriusan kita pada organisasi yang kita bela. Rasa profesioanlitas akan timbul seiring dengan rasa memiliki terhadap organisasi yang kita bela. Ketika rasa sense of belonging sudah mulai tumbuh dan rasa profesionalitas sudah tumbuh maka dalam bekerja kita harus mengembangkan sikap kreatifitas untuk menumbuhkan hal yang baru sehingga organisasi kita selalu berada dalam kedinamisan.

About pmancoffeemix

seorang anak remaja,, tidak miskin, kurang kaya,, tetapi sederhana...

Posted on Agustus 10, 2010, in Note's. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: