Definisi Manajemen Perubahan

Definisi Perubahan dan Perubahan Pendidikan

1. Definisi Perubahan:

  • Jeff Davidson menjelaskan bahwa perubahan merujuk pada sebuah terjadinya sesuatu yang berbeda dengan sebelumnya. Perubahan bisa juga bermakna melakukan hal-hal dengan cara baru, mengikuti jalur baru, mengadopsi teknologi baru, memasang sistem baru, mengikuti prosedur-prosedur manajemen baru, penggabungan (merging), melakukan reorganisasi, atau terjadinya peristiwa yang bersifat mengganggu (disruptive) yang sangat signifikan. Rumusan perubahan yang diungkapkan oleh Davidson tersebut, bahwa perubahan organisasi termasuk lembaga pendidikan tinggi bisa terjadi di berbagai aspek kehidupan organisasi.
  • Potts dan LaMarsh melihat bahwa perubahan merupakan pergeseran dari keadaan sekarang suatu organisasi menuju keadaan yang diinginkan di masa depan. Perubahan dari keadaan sekarang tersebut dilihat dari sudut struktur, proses, orang dan budaya. Perubahan lembaga menurut Potts dan LaMarsh dibatasi pada aspek struktur organisasi, proses, orang dan budaya organisasi.
  • Menurut Hussey, faktor pendorong terjadinya perubahan adalah perubahan teknologi yang terus meningkat, persaingan semakin intensif dan menjadi lebih global, pelanggan semakin banyak tuntutan, profil demografis negara berubah, privatisasi bisnis milik masyarakat berlanjut dan stakeholders minta lebih banyak nilai.

2. Definisi Perubahan Pendidikan:

  • Lamarsh Lamarsh menyebutkan bahwa manajemen Perubahan adalah sebuah aplikasi, terorganisir sistematis pengetahuan, peralatan, dan sumber daya. Perubahan yang memberikan organisasi proses kunci untuk mencapai strategi bisnis mereka.
  • Manajemen perubahan sebagaimana diungkapkan oleh Potts dan LaMarsh dan dianut Wibowo adalah suatu proses secara sistematis dalam menerapkan pengetahuan, sarana dan sumber daya yang diperlukan untuk mempengaruhi perubahan pada orang yang akan terkena dampak dari proses perubahan tersebut.
  • Manajemen Perubahan: proses, alat dan teknik untuk mengelola orang-sisi proses perubahan, untuk mencapai hasil yang diperlukan, dan mewujudkan perubahan secara efektif di dalam individu, tim, dan sistem yang lebih luas. (Wikipedia)

3. Mengapa Perubahan Perlu dimanajemen:

Tuntutan perubahan terjadi pada berbagai bidang kehidupan, termasuk perubahan pendidikan tinggi. Sumber utama pemicu perubahan pada dasarnya berasal faktor internal dan eksternal suatu organisasi. Secara rinci Drucker (1985) menyebutkan beberapa sumber pembaruan suatu organisasi dapat berasal dari : the unexpected, the incongruity, innovation based on process need, changes in industry structure or market structure, demographics, changes in perception mood and meening, and new knowledge. Dari sumber utama tuntutan pembaruan organisasi menurut Drucker tersebut, maka sumber perubahan lembaga pendidikan tinggi dapat berasal dari kondisi yang tidak diharapkan, munculnya ketidakwajaran, inovasi yang berdasarkan kebutuhan proses, perubahan struktur industri atau struktur pasar, demografi, perubahan persepsi, suasana dan makna serta pengetahuan baru.

Selain itu Menurut Hussey, faktor pendorong terjadinya perubahan adalah perubahan teknologi yang terus meningkat, persaingan semakin intensif dan menjadi lebih global, pelanggan semakin banyak tuntutan, profil demografis negara berubah, privatisasi bisnis milik masyarakat berlanjut dan stakeholders minta lebih banyak nilai. Sedangkan Kreitner dan Kinicki, menyebutkan kebutuhan akan perubahan dipengaruhi oleh kekuatan eksternal yang mencakup demographics characteristics, technological advancements, market changes, social and political pressures dan kekuatan internal yang meliputi human resources problems/prospects, managerial behavior/decisions. Dari sumber terjadinya perubahan organisasi sebagaimana dikatakan oleh Drucker, tuntutan perubahan baik dari faktor  internal dan ekesternal organisasi sebagaimana dikatakan oleh Kreitner dan Kinicki, dan dorongan perubahan yang diungkapkan oleh Hussey, maka mau tidak mau, suka atau tidak suka, maka lembaga pendidikan tinggi harus mengadakan perubahan sebagaimana dorongan dan tuntutan perubahan tersebut.

Dari penjelasan diatas dapat kita pahami mengapa perubahan itu perlu dimanajemen, yaitu sesuai pengertian manajemen itu sendiri yang dirumuskan oleh Jones adalah The Planning, organizing, leading and controlling of resources to achieve organizational goals effectively and efeciently. (Yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan penggunaan sumber daya dalam rangka mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efesien).

4. Contoh perubahan dalam pendidikan:

Contoh yang saya ambil sebagai dari perubahan dalam pendidikan yaitu KELAS ONLINE, sekarang kelas online ini di jalankan di jurusan administrasi pendidikan dan ditujukan bagi mahasiswa yang mengontrak mata kualiah inovasi pendidikan. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki wawasan dan pengetahuan mengenai inovasi pendidikan serta secara praktis terlibat secara langsung dengan inovasi pendidikan yang sedang berkembang saat ini. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di http://inovasi.mdl.gnomio.com.

Untuk lebih jelasnya mungkin saya belum bisa menuliskan dengan rinci seperti apa proses pembelajaran kelas online ini, karena program kelas online ini memang masih baru dan perdana khususnya bagi saya dan teman-teman jurusan administrasi pendidikan semester 5 yang mengontrak mata kuliah Inovasi pendidikan. Tapi disini saya akan menjelaskan yang lebih luasnya lagi dari Kelas online yaitu kuliah online.

Dari data yang saya dapatkan mengenai kuliah online ini banyak sekali keuntungan kuliah online, diantaranya membantu untuk mendapatkan ijazah yang di inginkan, kedua tentu kuliah online jauh lebih murah dari kuliah biasa. Disamping itu tidak perlu keluar rumah melakukan perjalanan ke kampus yang bisa jadi di kuliah biasa sangat jauh sehingga memakan banyak energi, biaya dan waktu.

Pertanyaan tentang perjalanan dari rumah ke sekolah untuk mengambil pelajaran adalah masalah lain yang telah ditangani oleh program gelar sarjana online. Itu sebabnya nama lain untuk pelatihan berbasis internet disebut program pembelajaran jarak jauh. Ini berarti bisa tinggal kembali di kantor atau rumah dan chatting dengan dosen program studi Anda dan pasangan tentu saja juga. Dengan demikian, tidak akan ada perlu untuk meninggalkan kenyamanan rumah atau kantor.

Fleksibilitas yang diperbolehkan oleh program gelar sarjana online membuatnya mudah bagi setiap individu untuk mendapatkan gelar nya dalam karir pilihan kecepatan yang menguntungkan tanpa harus meninggalkan pekerjaan mereka saat ini atau permintaan untuk cuti studi. Meskipun sebagian besar perusahaan memberikan hak istimewa seperti staf mereka, masih tidak semua orang beruntung untuk bekerja di organisasi-organisasi seperti itu, tapi dengan internet masalah ini terpecahkan.

Manfaat lain yang layak disebut berkaitan dengan program online gelar perguruan tinggi adalah dengan fleksibilitas yang memungkinkan siswa untuk memulai dan menyelesaikan pendidikan mereka dengan relatif mudah. Anda akan setuju dengan saya bahwa hal-hal memperoleh agak sulit hari ini, begitu banyak yang satu tidak bisa mengikuti kecepatan nya jadwal kerja dan tugas-tugas lain yang datang dengan melanjutkan pendidikan seseorang. Berkat internet, seseorang dapat menenun gaya hidup sibuk-nya tanpa menghadapi banyak stres.

Sebagai manfaat, perguruan tinggi program gelar online memberikan Anda kesempatan untuk belajar di manapun Anda memilih untuk memberikan Anda memiliki peralatan yang dibutuhkan untuk pelatihan berlangsung. Hal yang baik tentang bentuk alternatif pendidikan adalah bahwa sejauh Anda dibebani dengan peralatan yang diperlukan; pelajaran dapat dikirimkan kepada Anda bahkan di gua. Manfaat ini menjelaskan mengapa pasukan semakin banyak orang mendukung gelar kelas online dari perguruan tinggi tradisional.

Kebenaran tentang pendidikan berbasis web yang dapat diakses untuk semua dan dapat memulai pada oleh siapapun juga. Online perguruan tinggi program gelar juga dilengkapi dengan beberapa paket luar biasa yang membuat belajar mudah dan terjangkau bagi mereka yang tertarik dalam program ini terlepas dari status sosial mereka. Apakah Anda meragukan fakta bahwa ada banyak manfaat yang bisa diperoleh jika Anda memutuskan untuk belajar online?

Salah satu keuntungan utama yang pernah untuk dinikmati sejak diperkenalkannya internet peluang teknologi affords orang baik memperoleh dan belajar dengan mudah. Anda atau ada orang yang dapat memperoleh gelar online tanpa menghadapi banyak kesulitan, asalkan Anda siap dan bersedia memulai dan menyelesaikan program.

Dengan fleksibilitas yang memungkinkan siswa untuk memulai dan menyelesaikan pendidikan mereka dengan relatif mudah. Anda akan setuju dengan saya bahwa hal-hal memperoleh agak sulit hari ini, begitu banyak yang satu tidak bisa mengikuti kecepatan nya jadwal kerja dan tugas-tugas lain yang datang dengan melanjutkan pendidikan seseorang. Berkat internet, seseorang dapat menenun gaya hidup sibuk-nya tanpa menghadapi banyak stres.

 

Sumber:

Davidson, Jeff, Change Management, The Complete Ideal’s Duides, Jakarta : Prenada, 2005, hal. 3.

Potts, Rebecca and LaMarsh, Jeanne, Managing for Success, London : Duncan Baird Publishers, 2004, hal. 36.

Hussey, D.. E., How to Manage Organisational Change, London : Kogan Page limited., 2000, hal. 6.

Wibowo, Managing Change, Pengantar Manajemen Perubahan, Pemahaman Tentang Mengelola Perubahan dalam Manajemen, Bandung : LFABETA, 2006, hal. 37.

(http://www.shvoong.com/how-to/careers/2034988-kuliah-online-apakah-menguntungkan/)

About pmancoffeemix

seorang anak remaja,, tidak miskin, kurang kaya,, tetapi sederhana...

Posted on Januari 2, 2011, in Kumpulan Tugas Perkuliahan. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Many thanks Firmansyah Nugraha… You do help myself finishing my assignment…Gbu.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: